Senin, 02 Juli 2012

Cara Mencegah Orang Lain Tahu Bahwa Kamu Telah “Melihat” Pesan Mereka di Facebook!

Kita hidup di era media sosial dimana sulit menemukan orang yang belum tahu tentang Facebook. Jejaring sosial ini merupakan fenomena budaya di seluruh dunia. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang mengganggu dari Facebook, misalnya kurangnya opsi untuk melakukan kustomisasi dan juga masalah privasi.

Team Facebook berupaya keras untuk mengatasi hal ini, akan tetapi nampaknya masih belum cukup. Permasalahan ini kembali mengemuka dengan adanya ‘fitur’ Facebook yang memberikan notifikasi kepada pengguna chatting bahwa pesan yang dikirimkan telah terlihat oleh penerima, yang mana sering memicu situasi yang canggung (misalnya jika temanmu mengirim pesan kepada kamu lewat fitur chat, bila mereka tahu bahwa kamu membukanya tapi tidak menjawab atau merespon, tentu saja kamu akan merasa sungkan bukan?)
Mencegah Orang Lain Tahu Bahwa Kamu Telah “Melihat” Pesan Mereka di Facebook!
Khusus untuk pengguna Chrome, ini sudah tidak menjadi masalah, karena adanya ekstensi baru, yaitu Facebook Unseen. Ekstensi ini mencegah orang lain untuk mengetahui bahwa kamu telah melihat pesan mereka atau tidak. Ini akan menghindarkan kamu dari rasa canggung dan sungkan dalam interaksi sosial serta juga mengambil alih setting privasi.


Ekstensi ini dapat diinstall dengan mudah dari Chrome Web Store, yaitu dari link berikut:
https://chrome.google.com/webstore/detail/gfjpoahaombpolfifdahikhbdnjjeifk

Facebook Chat biasanya dengan fitur “Terlihat”, memungkinkan teman kamu mengetahui bahwa kamu telah membaca pesan mereka. Bila ekstensi ini dalam posisi “enabled”, maka kamu bisa melindungi privasimu dengan mencegah orang lain tahu bahwa kamu telah melihat pesan mereka.
Kamu bisa mengaktifkan fungsi Facebook Unseen dengan mudah hanya dengan meng-klik tombolnya di Omnibar. Panel tersebut akan menunjukkan berapa banyak pesan yang belum “dilihat”. Nah, dari panel inilah kamu bisa membaca pesan tersebut secara diam-diam.
Mencegah Orang Lain Tahu Bahwa Kamu Telah “Melihat” Pesan Mereka di Facebook!

Secara keseluruhan, ekstensi ringan ini akan membantu pengguna Facebook untuk menjaga privasinya dalam interaksi sosial. Kamu bisa menyalakan atau mematikannya. Facebook Unseen khususnya digunakan ketika kamu tengah mengabaikan seseorang, tapi orang tersebut terus mengganggu kamu dengan men-spam chatboard kamu, atau ketika kamu ingin membuat alibi (bahwa kamu tak pernah membaca pesan yang ditulis orang tersebut. Hehehe…)
Meskipun nampak sederhana, saya yakin ekstensi ini akan sangat bermanfaat. Jangan lupa klik like, tweet, atau plus one untuk artikel ini. Sebarkan artikel ini kepada teman-teman lain penggemar Facebook dan Google Chrome.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar